Tips Membersihkan Lantai Dapur Keramik yang Berminyak

Tips membersihkan lantai dapur keramik yang berminyak memang menjadi cara yang banyak dicari. Sebab dibandingkan dengan lantai lain yang ada di rumah, bisa dibilang lantai dapur menjadi salah satu lantai yang paling licin dan berlemak.

Aktivitas sehari-hari pastinya akan terpusat di dapur. Mulai dari menaruh berbagai macam bahan mentah, memotong, mencuci, sampai memasaknya di atas kompor. Proses memasak pastinya membuat dapur menjadi kotor dan berantakan.

Bumbu yang tumpah, sisa potongan sayuran, atau minyak goreng yang muncrat, itu semua bisa membuat lantai dapur yang tadinya bersih menjadi kotor. Maka dari itu, setelah memasak, sebaiknya anda segera langsung membersihkan lantai dapur.

kunjungi juga artikel tentang jasa pembersih rumah bandung

tips membersihkan lantai dapur

Tips Membersihkan Lantai Dapur yang Berminyak

Jangan biarkan lantai dapur terlalu lama dalam kondisi kotor. Sebab ini bisa saja memicu datangnya semut, kecoa, tikus, dan bau tak sedap. Jika lantai yang kotor pada bagian dapur dibiarkan terlalu lama, maka akan membuat dapur terlihat kusam.

Ini juga akan berbahaya untuk kesehatan. Karena seperti yang kita tahu, dapur adalah tempat dimana kita memproses masakan yang akan dikonsumsi sehari-hari.

  1. Menggunakan Deterjen dan Lap Kering

Cara membersihkan lantai dapur yang berminyak bisa diawali dengan menghilangkan minyak yang ada pada permukaan lantai sampai benar-benar kering. Anda bisa menggunakan kain lap agar bisa mengeringkan area lantai yang berminyak.

Supaya lebih mudah dihilangkan, anda bisa menambahkan deterjen kering dengan lap dan menggunakannya untuk mengelap lantai. Disamping menggunakan deterjen dan lap, anda juga bisa menyerap minyak yang ada di lantai dapur dengan memanfaatkan kertas koran.

Bisa juga dengan sisa box kardus, karton, dan lain sebagainya. Ini bisa jadi tips membersihkan lantai dapur yang cukup efektif.

  1. Detergen dan Air Panas

Selain menggunakan deterjen dan lap kering, maka anda juga bisa membersihkan lantai dapur rumah anda yang berminyak dengan menggunakan deterjen dan air panas. Anda dapat menghilangkan minyak yang menempel di permukaan lantai keramik ruangan dapur anda.

Caranya dengan mencampurkan air panas serta deterjen. Atau bisa juga ditambah dengan penghilang bau. Gunakan handuk atau kain pel untuk menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan lantai.

Disamping deterjen, cairan pencuci piring juga bisa anda gunakan untuk membersihkan lantai. Sabun cuci piring notabene memang diciptakan khusus agar bisa mengangkat minyak serta membersihkannya.

Paduan detergen dengan air panas ini bisa anda gunakan sebagai cara membersihkan lantai dapur dari minyak dan kotoran yang membandel.

kunjungi juga halaman web tentang jasa poles marmer bandung

  1. Membersihkan Lantai dengan Cuka

Salah satu tips membersihkan lantai dapur yang efektif dari agar terbebas dari minyak dan kotoran adalah dengan cuka. Cuka dapat dipakai untuk memperbaiki kebersihan lantai dapur.

Bau cuka seharusnya tidak akan menghalangi untuk digunakan saat proses menghilangkan minyak dengan waktu yang cukup singkat. Sesudah anda membersihkan lantai dapur dengan air sabun panas, anda bisa menggunakan air hangat dengan beberapa tetes cuka untuk membilasnya.

  1. Garam dan Tepung

Disamping menggunakan air panas dan sabun, anda juga bisa membersihkan lantai dapur keramik yang kotor karena minyak dengan garam dan tepung. Anda bisa menaburkan garam atau tepung terigu di atas permukaan lantai yang kotor karena minyak.

Tunggu beberapa saat sampai minyak meresap, kemudian anda bisa membersihkan garam dan tepung dengan menyapu lantai. Dengan demikian, lantai yang berminyak bisa bersih seketika.

  1. Pembersih Microfiber

Salah satu tips membersihkan lantai dapur agar terbebas dari kotoran dan minyak adalah dengan menggunakan pembersih microfiber. Pel lantai dua kali tiap minggu, namun pastikan anda menyediakan lap microfiber yang dapat digunakan untuk membersihkan kotoran setiap saat.

Anda bisa mendapatkan lap microfiber tersebut di toko peralatan rumah tangga dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa menempatkan lap microfiber di dapur. Ketika ada kotoran yang lengket atau membandel, segera bersihkan menggunakan lap tersebut.

  1. Memakai Baking Soda

Cara membersihkan keramik lantai dapur agar terbebas dari minyak dan kotoran yang membandel adalah dengan menggunakan baking soda. Anda bisa menggunakan baking soda dengan campuran air.

Caranya ke dalam campuran air dan baking soda yang telah berbentuk pasta. Selanjutnya usapkan di bagian yang terkena noda minyak atau peralatan masak di dapur. Biarkan kurang lebih 10 menit.

Bila sudah, anda bisa membilasnya dengan kain kering sampai bersih. Tips membersihkan lantai dapur dengan baking soda bisa membuat noda minyak hilang. Sebaiknya anda melakukan pembersihan secara teratur agar kebersihan dapur terjaga.

  1. Mengepel Lantai Secara Rutin

Lantai dapur yang berminyak pasti akan sangat mengganggu penghuni rumah. Oleh sebab itu, segera bersihkan lantai dengan air hangat dan sabun khusus.

Metode pembersihan dilakukan dengan cara mengepel lantai. Ini mempunyai kemampuan yang baik untuk menghilangkan noda. Termasuk kotoran yang diakibatkan karena minyak.

Saat anda menerapkan tips membersihkan lantai dapur secara rutin, maka anda akan mendapatkan kebersihan dapur yang terjaga. Proses memasak makanan akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Open chat