Toren Air Terlihat Kusam dan Kotor, Ini Dia cara membersihkan toren

Cara membersihkan toren: Hai, apakah Anda di rumah memiliki sumur dan ember tampungan besar atau toren? Tentunya mereka berdua sudah berjasa besar dalam pemenuhan kebutuhan air konsumsi ya. Selama bertahun – tahun mereka hinggap di tempat yang sama dan sangat mungkin sekali kotoran menempel kuat.

Waktu yang Baik untuk Membersihkan Toren

Cara membersihkan toren air sebaiknya rutin dibersihkan minimal 3 bulan sekali agar bagian dalamnya tidak terjadi endapan lumpur dan memicu hewan seperti cacing air atau tanaman lumut yang akan mengganggu sirkulasi air dan kesehatan air. Banyak orang mengabaikan hal ini karena dianggap masih termasuk herbal atau bahan alami tanaman sehingga tak apalah jika ada lumut di dalam toren. Jika Anda tahu, kemunculan lumut bisa memicu penyakit pencernaan karena di dalamnya terdapat bakteri jahat.

Dengan cara membersihkan toren dari lumut layaknya menguras bak mandi akan membantu Anda dan anggota lainnya terhindar dari penyakit kulit atau dalam.

baca juga: cuci toren bandung

Cara membersihkan toren

Efek Jika Toren Tidak Rutin Dibersihkan

Secara umum, kualitas airnya akan menurun karena terdapat banyak kuman bawaan dari lumut atau endapan. Air yang berkuman inilah bisa memicu sakit kulit seperti panu, kadas,kurap dan sejenisnya. Selain itu, ada kandungan bakteri jahat yang akan membuat tubuh Anda rentan dengan diare, muntaber atau kolera.

Nah, jangan anggap sepele ya dalam menjaga kebersihan toren air karena saat tubuh Anda mengalami penurunan daya tahan tubuh akan mudah terserang.

Tahapan Dalam Pembersihan Toren

  1. Teliti dahulu semua komponen

Toren air atau tandon berisi tangki utama, keran, pipa selang, pompa dan beberapa aksesoris lainnya. Ketika semua telah fix dicek maka lakukan pembersihan dari bagian yang mudah dahulu. Setelah semua bagian kecil aman dan tidak ada kerusakan maka bisa maju ke bagian utamanya yakni bagian tangki.

  1. Kosongkan air tandon

Membuang air yang masih banyak tentunya sangat disayangkan sekali ya?

Nah, ada kok cara menguras bak toren tetapi tidak lantas membuang semua air dan masih bisa digunakan kembali. Pertama, Anda ambil ember besar sebanyak 4 buah lalu tuangkan air dari toren. Ketika air mengalir akan nampak jelas apa saja kotoran yang keluar. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan apa saja yang akan dilakukan untuk proses pembersihan.

Air yang berada di ember ini sebagian bisa dipakai untuk membersihkan bagian dalam dan luar toren, bisa juga untuk merawat lantai yang dilapisi cat atau coating lantai.

baca juga: poles lantai granit bandung

  1. Buka tutup toren

Apabila ukuran toren rumah Anda sangat besar tentunya memiliki tutup yang besar juga. Tetapi, jika Anda memiliki toren ukuran kecil bisa pakai alat seperti sikat yang diikatkan dengan gagang kayu panjang atau lap pel khusus toren.

Sifat air tanah yang mengendap dalam kurun waktu lama lebih licin karena mengandung bibit lumut di dalamnya. Bandingkan saja jika Anda menampung air tanah di bak kolam mandi selama 7 hari muncul resahan atau endapan kotoran, apalagi jika selama bertahun-tahun tidak dibersihkan, apa yang akan muncul?

Hmm, tentunya banyak bakteri dan lumut ya?

Tutup toren ukuran jumbo ini bisa dimasukkan tubuh orang dewasa dan Anda bisa sikat dalamnya tanpa mengenakan alas kaki. Sekitar 20 menitan untuk menyikat sembari mengaliri air di dinding toren dengan sisa air ember tadi.

Usahakan setiap celah toren bisa dibersihkan secara maksimal dengan cara yang baik. Semakin Anda rutin cara membersihkan toren air isi ulang maka kotoran akan enggan dengan cepat datang. Cairan alkohol atau cuka asam bisa melunturkan lemak atau kotoran tetapi sebaiknya jangan pakai bahan kimia sintetis seperti sampo, deterjen atau sabun mandi ya karena mereka mengandung zat kimia yang jika bersinggungan dengan bahan toren atau air menjadikan reaksi.  Sebaiknya pakai sabun khusus seperti sabun cuci piring yang memang memiliki produk bahan sama. Akan lebih aman daripada memakai bahan yang telah disebutkan di atas.

  1. Alirkan air dari dalam tandon

Setelah semua area dalamnya bersih, maka tinggal bilas memakai air yang tadi ditaruh di ember. Jangan dahulu hidupkan sanyo atau mesin pompa sebelum Anda benar-benar bersih ya. Bilasan pertama untuk membersihkan area permukaan dari sabun sedangkan bilasan berikutnya untuk bilasan sempurna hingga permukaan dinding toren menjadi lebih kesat dari sebelumnya.

Usai Anda membersihkan area dalam, pindah bersihkan area luarnya  sehingga semua bisa terkondisikan dengan baik. Untuk bagian luarnya Anda bisa pakai sabun dengan kandungan agak keras karena singgungannya cukup tinggi dengan lingkungan.

Cara membersihkan toren air stainless bisa dipakai juga untuk membersihkan toren isi ulang air minum tentunya dengan menyesuaikan alat kebersihannya. Tidak mungkin Anda pakai sikat yang sama ya untuk toren air isi ulang dengan toren yang dipasang di atas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat