Tips Membersihkan Rumah Setelah Renovasi

4 Tips Membersihkan Rumah Setelah Renovasi yang Wajib Diketahui

Beberapa tips membersihkan rumah setelah renovasi seringkali menjadi hal yang penting untuk diketahui. Mengapa demikian? Sebab apabila rumah telah selesai direnovasi, tentu akan banyak debu, sisa cat, dan berbagai kotoran lainnya.

Berbagai jenis kotoran tersebut, apabila tidak dibersihkan dengan baik dan benar bisa menjadi noda yang membandel dan tentunya akan mengurangi penampilan rumah Anda. Jika sudah seperti ini, renovasi rumah pun seakan tidak ada artinya.

Maka dari itu, bagi Anda yang sedang atau hendak merenovasi rumah, ada baiknya apabila Anda mengetahui beberapa cara membersihkan rumah setelah renovasi. Dengan demikian, setelah selesai renovasi, Anda bisa segera membersihkan dan menciptakan suasana rumah yang menawan.

cari jasa bersih rumah bandung hubungi saja Grades Home Cleaning

4 Tips Membersihkan Rumah Setelah Renovasi

Renovasi rumah bisa terdiri dari berbagai perbaikan, mulai dari lantai, dinding, atap, sekat rumah, dan lain sebagainya. Berbagai kegiatan renovasi tentu juga menghasilkan kotoran-kotoran yang harus segera dibersihkan. Berikut ini beberapa tips bagi Anda untuk membersihkan rumah setelah renovasi:

Menyimpan Perlengkapan yang Telah Digunakan

Hal yang paling utama harus Anda lakukan adalah dengan membereskan perlengkapan yang telah selesai digunakan. Selain itu, material-material yang masih bagus dan bisa digunakan sebaiknya juga Anda simpan.

Berbagai perlengkapan ini akan sangat mengganggu jika tidak disimpan lebih awal. Setelah perlengkapan telah disimpan, maka kegiatan bersih-bersih bisa dilakukan.

Untuk tampilan yang lebih rapi, Anda bisa membuatkan tempat khusus sebagai sebuah gudang. Di tempat ini, Anda bisa menyimpan berbagai perlengkapan yang Anda miliki. Anda juga bisa menambahkan gantungan, rak, atau almari, sehingga perlengkapan tidak berserakan.

Selain itu, penataan perlengkapan seperti ini juga akan bermanfaat sebagai perawatan perlengkapan yang Anda miliki. Perlengkapan akan terawat, tidak mudah keropos, tidak mudah berkarat, serta mudah untuk ditemukan dan digunakan kembali.

Segera Menyingkirkan Sisa Material

Dalam melakukan renovasi rumah, pasti akan ada sisa-sisa material yang dihasilkan. Umumnya, sisa-sisa material di antaranya adalah pasir, semen, debu, dan serpihan kayu. Berbagai sisa material ini harus segera disingkirkan.

Anda bisa menggunakan wadah untuk memudahkan Anda dalam menyingkirkannya dan membawanya ke tempat sampah. Sisa material terlebih lagi semen, apabila tidak segera dibersihkan akan mengeras dan sangat sulit untuk disingkirkan.

Beberapa sisa material yang bisa Anda manfaatkan juga bisa Anda pilah dan Anda sendirikan. Namun, pastikan sisa material tersebut tidak berserakan di dalam atau pekarangan rumah. Simpan di tempat yang aman dan tidak merusak penampilan rumah Anda.

cara membersihkan rumah setelah renovasi

baca juga artikel tentang jasa bersih rumah tangerang Grades

Dahulukan Membersihkan Sisi Atas dan Samping

Setelah berbagai sisa material disingkirkan dan dibersihkan, Anda bisa melanjutkan membersihkan sisi atas dan sisi samping dari noda-noda kecil seperti debu, sisa cat, dan sebagainya. Dalam hal ini, cara yang paling tepat adalah Anda memulainya dari sisi atas dan samping.

Mengapa demikian? Sebab, jika Anda membersihkan area rumah dimulai dari bawah, ketika nanti Anda membersihkan sisi atas dan samping, maka kotoran akan jatuh dan mengotori sisi bawah. Alhasil Anda harus mengulangi membersihkan sisi bawah.

Pada sisi atas, Anda bisa membersihkan ternit atau gypsum dari debu dan kotoran yang menempel. Apabila tidak dipasang gypsum, Anda bisa membersihkan kerangka atap dari kotoran yang ada.

Pada sisi samping, Anda bisa membersihkan tembok dari debu, kotoran, dan noda yang menempel. Untuk bagian ini, Anda harus lebih cermat pada bagian sudut ruangan serta sudut-sudut jendela, pintu, dan sebagainya.

Untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman, memang diperlukan ketelitian, sehingga semua area rumah bisa dibersihkan. Untuk kaca jendela, pintu, atau partisi lain, Anda juga harus segera membersihkannya dari noda yang ada.

Sebab, kaca jika tidak segera dibersihkan akan mengerak dan sulit untuk dibersihkan. Jika sudah demikian, maka tampilan kaca tentu menjadi kurang menarik.

Membersihkan Lantai dengan Teliti

Sebagaimana bagian rumah lainnya, lantai juga sangat penting untuk diperhatikan dan dirawat kebersihannya. Terlebih lagi setelah melakukan renovasi, lantai tentu menjadi area yang paling kotor.

Mulai dari sisa material, kerak tembok, serpihan kayu, tetesan cat, dan sebagainya sangat umum mengotori lantai rumah yang direnovasi. Dalam membersihkannya, kotoran dan debu bisa dibersihkan dengan menggunakan sapu dan juga vacuum cleaner.

Untuk noda tetesan cat, sedini mungkin harus segera dibersihkan. Bahkan, akan sangat baik jika dalam pengecatan, tetesan cat pada lantai dapat dihindarkan. Namun, jika masih ada tetesan cat, segera bersihkan dengan kain basah.

Apabila memungkinkan, sangat baik jika lantai dipel basah dengan bantuan pembersih lantai agar debu, kotoran, serta kuman bisa diatasi. Setelah kering, penggunaan vaccum cleaner menjadikan lantai Anda lebih bersih, sehat, dan nyaman.

Berbagai tips membersihkan rumah setelah renovasi tersebut bisa Anda jadikan sebagai inspirasi. Apabila Anda berencana melakukan renovasi rumah, informasi ini bisa Anda praktekkan. Dengan demikian, rumah Anda akan menjadi lebih indah, bersih, nyaman, dan menawan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Open chat