Cara Mencuci Lampu Kristal Supaya Terlihat Bersih dan Awet

Lampu kristal merupakan aksesoris bernilai tinggi dalam suatu bangunan. Pemilihan lampu kristal sebagai dekorasi interior mampu menciptakan kesan elegan dan mewah pada suatu ruangan. Terlepas dari kesan yang diciptakan, lampu kristal butuh perawatan agar terjaga kebersihannya dan awet. Salah satunya dengan cara mencuci lampu kristal.

Lampu kristal sebagai hiasan memiliki bentuk yang bervariatif. Namun, yang paling sering dijumpai dalam bangunan rumah bergaya klasik maupun modern adalah lampu kristal model gantung. Umumnya lampu gantung memiliki desain yang cukup rumit, sehingga dibutuhkan trik tepat untuk membersihkan bagian-bagiannya.

Cara Mencuci Lampu Kristal

baca juga : cuci lampu hias bandung

Cara Membersihkan Lampu Hias Kristal di Rumah

Kebersihan lampu kristal dapat mempengaruhi tampilan fisik lampu tersebut. Selain itu, lampu gantung kristal yang dibiarkan kotor akan berpengaruh pada cahaya yang dihasilkan. Berikut langkah-langkah tepat dalam membersihkan lampu hias kristal di rumah.

  • Matikan listrik sebelum membersihkan lampu kristal

Keamanan adalah faktor utama yang perlu diperhatikan sewaktu membersihkan lampu. Untuk menghindari terjadinya korsleting dan hal-hal yang tidak diinginkan, matikanlah listrik sebelum membersihkan lampu.

Setelah aliran listrik dimatikan, diamkan lampu selama beberapa saat agar suhunya normal. Jika sudah, turunkan lampu gantung kristal untuk memulai proses pembersihan.

  • Lepas bagian lampu yang mudah pecah

Khusus lampu gantung yang bisa dibongkar pasang, cara membersihkan lampu kristal gantung berikutnya adalah melepas bagian yang mudah pecah terlebih dahulu. Cara ini akan membuat lampu kristal lebih bersih, sebab pembersihan bisa dilakukan sampai ke sela-sela lampu. Selain itu, dengan membongkar bagian yang mudah pecah, akan membuat pembersihan lebih aman dan mudah.

Bagian kaca pada lampu gantung yang sudah dilepas dapat direndam pada cairan sabun selama beberapa menit. Agar lebih maksimal, basuhlah permukaan kaca dengan spons bersih. Tahap terakhir adalah mengelap bagian kaca tersebut hingga benar-benar kering.

  • Bersihkan lampu secara menyeluruh

Setidaknya ada dua tipe lampu gantung kristal yang umum dijumpai di pasaran. Yakni lampu gantung tipe chandelier dan lampu pendant. Dibanding tipe pendant, lampu gantung tipe chandelier memiliki bentuk yang lebih rumit. Tak mengherankan jika proses pembersihan lampu chandelier pun sedikit lebih sulit.

Kendati demikian, ada beberapa cara membersihkan lampu kristal gantung tipe chandelier supaya lebih mudah. Yakni dengan menempatkan kain lap tebal pada bagian bawah lampu sebagai alas. Setelah itu, semprotlah bagian lampu dengan cairan khusus yang terbuat dari air cuka ataupun sabun. Debu dan kotoran pada lampu gantung akan ikut luruh bersama cairan tersebut. Selanjutnya, bersihkan lampu secara menyeluruh lalu bilas dengan air bersih.

cara mencuci lampu hias

baca juga: cuci lampu hias tangerang

  • Bersihkan bagian rangka lampu kristal gantung

Cara membersihkan rangka lampu gantung disesuaikan dengan material penyusunnya. Untuk rangka yang terbuat dari stainless steel dan perak, pembersihan bisa dilakukan dengan air hangat yang dicampur dengan baking soda dan garam.

Sementara untuk rangka yang menggunakan material krom, bersihkan dengan campuran air dan detergen. Untuk proses pembersihan rangka, setidaknya membutuhkan waktu satu malam perendaman sebelum rangka lampu gantung dikeringkan dengan lap atau diangin-anginkan. Cara ini berlaku untuk rangka lampu dari perak, stainless steel, maupun krom.

Apabila rangka lampu gantung berkarat, cara mudah untuk membersihkannya adalah menggunakan amplas nomor nol. Selain itu, karat pada rangka lampu juga bisa diatasi dengan cairan pembersih keramik.

Kristal memiliki permukaan yang lebih sensitif dibanding jenis kaca lainnya. Sehingga permukaan kristal lebih mudah meninggalkan bekas ketika disentuh. Oleh karenanya, proses pembersihan lampu kristal haruslah menggunakan kain lembut agar kilaunya tetap terjaga.

Pembersihan lampu kristal tidak perlu dilakukan secara rutin. Lampu gantung kristal minimalis dibersihkan 4 sampai 6 bulan sekali. Apabila terlalu sering dibersihkan dengan cairan kimia yang bersifat keras, kilau kristal pada lampu gantung bisa lebih cepat memudar. Dengan begitu, keindahannya pun akan berkurang.

Harga Cuci Lampu Kristal dengan Jasa Profesional

Lampu hias kristal bukan hanya sebagai penerangan saja, namun juga mempermanis tampilan interior dan meningkatkan nilai estetika ruangan. Model dan desain lampu kristal pun semakin bervariatif seiring dengan perkembangan zaman.

Meski tampilan lampu gantung kristal terlihat mewah, namun nilainya dapat menurun jika tidak dirawat dengan benar. Supaya kualitasnya tetap terjaga, Anda perlu mencucinya sesekali.

Tidak bisa dipungkiri bahwa membersihkan lampu gantung kristal cukup ribet dan memakan waktu lama. Hal ini bisa jadi kendala bagi Anda yang tidak banyak memiliki waktu luang. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan jasa profesional untuk membersihkan lampu gantung kristal di rumah.

Lampu kristal rentan mengalami keretakan ataupun pecah ketika dibersihkan. Apalagi jika Anda tidak berhati-hati. Sebab itulah, Anda perlu menggunakan jasa profesional. Walaupun harus mengeluarkan biaya sedikit lebih mahal, namun Anda akan mendapatkan hasil maksimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Open chat