Kebersihan Karpet

6 Langkah Mudah Jaga Kebersihan Karpet Di Rumah

Bingung bagaimana jaga kebersihan karpet di rumah? Alas lantai yang satu ini memang sangat mudah kotor. Bahkan meski tidak terlihat, karpet sebenarnya tidak benar-benar bersih. Maka dari itu, Anda harus perhatikan dan jaga kebersihannya.

Seperti yang diharapkan, karpet tidak hanya sebagai penutup lantai. Tapi juga sekaligus properti wajib untuk mempercantik ruangan. Oleh sebab itu, sudah seharusnya untuk menjaganya tetap bersih. Nah, tahukah Anda bagaimana caranya?

baca juga: laundry karpet Bandung

6 Langkah Mudah Jaga Kebersihan Karpet di Rumah

Posisi karpet yang berada di lantai memang membuatnya gampang kotor. Akan tetapi tenang saja. Anda bisa bantu jaga kebersihannya dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pasang Keset

Untuk mencegah lebih banyak kotoran masuk ke dalam rumah, pasanglah keset. Letakkan di dekat area pintu masuk dan beberapa sudut rumah. Jangan lupa juga untuk rutin mencucinya agar kotoran tidak menumpuk.

Dalam hal ini, keset bisa dikatakan menjadi elemen penyaring pertama. Sehingga kotoran dari luar tidak akan langsung mengenai karpet. Kebersihan karpet pun jadi lebih terjaga dan tidak cepat kotor.

  1. Bersihkan Kotoran Tanpa Menunda-nunda

Segera bersihkan jika terdapat noda atau kotoran di karpet. Jangan tunda-tunda atau malah membiarkannya hingga mengering.

Tapi ingat juga, jangan bersihkan dengan cara digosok. Karena itu bisa membuat kotoran menyebar dan merusak bahan. Sehingga bukannya bersih, karpet justru malah menjadi semakin kotor.

Menghilangkan kotoran yang sudah terserap ke dalam karpet sangat sulit. Maka dari itu, langsung bersihkan kotoran tanpa menundanya. Jangan sampai karpet menjadi sarang kuman dan bakteri.

  1. Jangan Injak dengan Sepatu

Sepatu atau sandal bisa membawa banyak kotoran. Contohnya saja tanah, pasir dan lainnya. Maka dari itu, buka alas kaki saat ingin menginjak karpet.

Tujuannya ialah agar kotoran tidak menempel pada karpet. Sehingga karpet bisa tetap bersih dan tidak cepat rusak.

  1. Vakum Setiap Hari

Kapan jadwal rutin Anda memvakum karpet rumah? Seminggu, dua minggu atau sebulan sekali?

Banyak yang beranggapan bila karpet cukup divakum sebulan sekali. Tapi Anda jangan ikut-ikutan ya! Karena karpet lebih baik di vakum setiap hari. Setidaknya setiap pagi saat membersihkan rumah.

Dengan membersihkannya setiap hari, karpet akan lebih terjaga kebersihannya. Debu dan kotoran juga tidak akan menumpuk di karpet. Terlebih caranya mudah dilakukan, hanya perlu menggunakan vacuum cleaner.

  1. Cuci Secara Rutin

Anda tenang saja, karpet tidak harus sering-sering dicuci. Minimal cukup dua kali setahun, terutama saat musim panas. Sementara selebihnya, karpet hanya perlu Anda pastikan bersih dari kotoran. Jika tak bisa mencucinya sendiri, ada banyak penyedia jasa yang bisa Anda pilih. Jadi tidak alasan untuk susah mencucinya.

  1. Perhatikan Penempatan Karpet

Menempatkan karpet dengan tepat juga penting untuk menjaga kebersihannya. Nah, disarankan Anda letakkan karpet di tempat yang tidak banyak dilewati. Juga tidak ditempat yang langsung terkena sinar matahari.

Selain itu, disarankan juga ubah posisi karpet secara berkala. Tujuannya supaya karpet tidak cepat rusak atau habis.

kunjungi juga artikel mengenai cuci jok mobil Bandung

Pentingnya Jaga Kebersihan Karpet di Rumah

Selama ini karpet mungkin hanya dilihat sebagai pemanis interior rumah. Tapi jangan salah, karpet bisa sangat berpengaruh pada kesehatan keluarga juga, loh. Oleh sebab itu, penting untuk Anda menjaga kebersihan karpet di rumah. Mengapa begitu?

Pasalnya, karpet yang kotor bisa membawa banyak kuman. Di mana kuman-kuman itu bisa dengan mudah berpindah ke kulit. Mengakibatkan gatal-gatal, alergi bahkan hingga gangguan pernapasan.

Membiarkan karpet kotor sama halnya memupuk sumber penyakit di rumah. Sehingga tanpa sadar kita malah membahayakan kesehatan keluarga di rumah. Karena itu, pastikan jaga kebersihan karpet agar keluarga di rumah tetap sehat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Open chat