cara membersihkan rumah pasca isolasi mandiri

Cara Membersihkan Rumah Pasca Isolasi Mandiri Covid-19

Kasus Covid-19 yang semakin melonjak ternyata semakin membuat rumah sakit dan fasilitas kesehatan tidak lagi mampu untuk menampung pasien. Agar tetap menurunkan angka penularan, pasien tanpa gejala atau bergejala ringan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Setelah isolasi mandiri, tentunya kamu harus tahu cara membersihkan rumah pasca isolasi mandiri. Tentu saja agar anggota keluarga lain tidak ikut tertular.

Yang perlu diperhatikan adalah cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri berbeda dengan cara membersihkan rumah ketika ada pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Lalu, mengapa kita perlu mengetahui cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri yang baik dan benar? Jawabannya adalah untuk mencegah penularan yang lebih luas di klaster keluarga. oleh karena itu, rumah harus dibersihkan secara menyeluruh, terutama di bagian permukaan barang yang sering disentuh dan kamar yang digunakan untuk isolasi mandiri.

baca juga: jasa fogging disinfektan Bandung

Perbedaan cara membersihkan rumah ketika isolasi dan setelah isolasi mandiri

Membersihkan rumah adalah hal yang wajib untuk dilakukan setiap hari. menjaga rumah agar tetap bersih akan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup anggota keluarga di dalamnya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Perlindungan ekstra sebaiknya memang ditambahkan . virus yang bisa bertahan di permukaan benda bisa meningkatkan resiko penularan. Oleh karenna itu, membersihkan rumah sebaiknya dilakukan setiap hari dan menggunakan bahan yang dapat membunuh virus, seperti disinfektan.

Ada beberapa hal yang sebaiknya mendapat perhatian lebih dari keluarga yang anggotanya terinfeksi Covid-19 dan sedang isolasi mandiri.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Isolasi Mandiri

  1. Kamar tidur dan kamar mandi terpisah untuk pasien dan orang yang sehat.
  2. Cairan disinfektan yang digunakan khusus untuk pasien.
  3. Peralatan kebersihan seperti tisu, masker, sabun cuci tangan, dan hand sinitizer.
  4. Peralatan makan seperti sendok, garpu, piring, dan gelas yang terpisah.
  5. Membuka jendela kamar dan pintu rumah agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik.
  6. Memisahkan sampah medis dan sampah rumah tangga.
  7. Jika membuang sampah atau memegang permukaan benda yang sering disentuh selalu gunakan had sinitizer atau mencuci tangan.

Cara Membersihkan Rumah Ketika Ada Pasien Isolasi Mandiri

Informasi penting lainnya, jika ada pasien terinfeksi Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah adalah cara membersihkan rumah ketika ada keluarga yang isolasi mandiri. Yuk, simak baik-baik cara membersihkan rumah ketika isolasi mandiri berikut ini.

  1. Pisahkan pakaian kotor.

Untuk membasmi virus yang menempel di pakaian dan tidak berpindah ke pakaian orang yang sehat, usahakan untuk memisahkan tempat pakaian kotor milik pasien Covid-19.

  1. Mencuci menggunakan cairan disinfektan.

Pakaian orang yang terinfeksi atau pasien Covid-19 sebaiknya dicuci secara terpisah dan menggunakan disinfektan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar virus benar-benar sudah mati.

  1. Gunakan pelindung

Ketika membersihkan pakaian atau peralatan makan pasien, selalu gunakan pelindung berupa masker dan sarung tangan. Pelindung ini juga berfungsi untuk melindungi kulitmu dari cairan disinfektan yang bisa mengiritasi kulit.

  1. Membuang sampah medis

Ketika membuang sampah medis, seperti masker atau obat-obatan, selalu usahakan menggunakan masker dan sarung tangan. setelah itu, cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Cara Membersihkan Rumah Pasca Isolasi Mandiri

Menurut CDC, setelah isolasi mandiri selesai, waktu untuk membersihkan rumah sebaiknya dilakukan dalam 3 waktu, yaitu kurang dari 24 jam setelah dinyatakan negatif, lalu antara 24 jam hingga 3 hari, dan terakhir setelah 3 hari penyintas dan keluarganya dinyatakan negatif.

  1. Membersihkan rumah dalam waktu kurang dari 24 jam pasca negatif

Cara membersihkan rumah pasca isolasi mandiri setelah dinyatakan negatif kurang dari 24 jam sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan prosedur membersihkan rumah saat isolasi mandiri.

  • Membersihkan permukaan benda dengan disinfektan
  • Penyemprotan atau fogging disinfektan
  • Membuka ventilasi udara rumah selebar mungkin

Yang perlu diingat adalah ruangan yang digunakan untuk isolasi tidak disarankan langsung dibersihkan setelah isolasi selesai.

  1. Cara membersihkan kamar yang dipakai isolasi mandiri

– Jangan langsung membersihkan kamar. Tunggu beberapa jam setelah isoman selesai, tetapi di bawah 24 jam.

– Keluarkan sprei dan selimut terlebih dulu, lalu dicuci dengan air panas atau disinfektan.

– Membuka jendela agar sirkulasi udara menjadi lebih baik dan segar.

–  Setelah menunggu beberapa jam, mulailah membersihkan permukaan benda yang sering disentuh pasien dengan cairan disinfektan.  Lalu, barang-barang yang sering digunakan.

– Bersihkan juga permukaan yang sering disentuh oleh pasien dan anggota keluarga lain.

– Terakhir, selalu gunakan masker dan mencuci tangan setelah membersihkan kamar atau rumah.

  1. Membersihkan rumah dalam waktu antara 24 jam sampai 3 hari pasca negatif

cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri setelah penyintas dan semua anggota keluarga dinyatakan negatif dalam kurun waktu 24 jam sampai 3 hari tidak jauh berbeda dengan cara pembersihan pertama.

Fokus utama ketika membersihkan rumah pada waktu ini adalah ruangan yang digunakan untuk isolasi mandiri dan permukaan yang sering disentuh.

  1. cara membersihkan ruangan isolasi mandiri

– Tidak perlu menggunakan cairan disinfektan

– Buka ventilasi udara, seperti jendela dan pintu setiap pagi hari

– Bersihkan permukaan benda yang sering disentuh oelh penyitas

– Usahakan untuk menjemur bantal dan kasur setelah selesai isolasi mandiri

– Ketika membersihkan, orang yang membersihkan wajib mmenggunakan masker dan lebih baik memakai sarung tangan.

– Setelah selesai, cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir.

  1. Membersihkan rumah setelah 3 hari dinyatakan negatif

Cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri dalam kurun waktu 3 hari setelah dinyatakan negatif dapat dilakuakan seperti rutinitas kegiatan membersihkan rumah.

  1. Cara membersihkan rumah 3 hari setelah dinyatakan negatif
  • Membuka ventilasi udara

Bukalah jendela dan pintu setiap hari di waktu pagi. Hal ini dilakukan agar udara segar dapat masuk dan meminimalisir udara kotor untuk mengendap di dalam rumah.

  • Membersihkan debu

Bersihkan juga debu-debu yang menempel di permukaan benda. Seskali, kamu juga boleh membersihkan benda yang sering disentuh dengan disinfektan.

  • Menyapu dan mengepel lantai

Jangan lupa untuk secara teratur membersihkan lantai agar besih dari debu dan kotoran.

Bagian terpenting dari cara membersihkan rumah pasca isolasi mandiri adalah selalu menjaga kebersihan diri sendiri, anggota keluarga, dan rumah. Menerapkan 3M protokol kesehatan yaitu, Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjauhi kerumunan akan mejadi langkah preventif yang tepat agar diri dan keluarga terlindungi dari virus Covid-19.

Selain menerapkan cara membersihkan rumah pasca isolasi mandiri, jangan lupa untuk selalu meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mengonsumsi multivitamin. Karena Covid-19 menyerang imun atau daya tahan tubuh, jika daya tahan tubuhmu kuat, maka kemungkinan tertular virus ini menjadi kecil. Meskipun begitu, kamu harus tetap waspada, apalagi jika di rumahmu ada orang-orang yang tergolong ke dalam kelompok rentan, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Open chat