Sejarah Cleaning Service Di Dunia

Sejarah industri cleaning service di dunia dimulai pada abad ke-17, ketika sebuah badan usaha yang menamakan dirinya Frankfurt Cleaning Industry beroperasi setelah berperang selama 30 tahun di Jerman Utara.

Belgia-Ernest_Solvay-produksi-kaca-1--204x300

Proyek pertama mereka dimulai dengan pekerjaan membersihkan dinding dan mobil dengan menggunakan sikat. Setelah itu mereka mulai menggunakan sapu, ember, dan tangga untuk merambah proyek pembersihan fasilitas kota saat itu.

marius-moussy-208x300

Keberadaan industri kebersihan semakin dibutuhkan seiring terjadinya revolusi industri pada abad ke-19 di Frankfurt, Jerman. Di tengah arus industrialisasi yang mulai menjamur saat itu, berdirilah Belgia Ernest Solvai, sebuah perusahaan yang memproduksi kaca bangunan. Melihat sisi peluang bisnis dari hasil produksi itu, Prancis Marius Moussy , seorang berkebangsaan Prancis yang menetap di Berlin mendirikan Franzosisches Reinigungsinstitut yang merupakan institut kebersihan Prancis pada tahun 1878. Sebuah perusahaan yang memfokuskan bisnisnya dalam pembersihan kaca gedung.

sc-johnson

Bermula dari pembersihan kaca gedung, para karyawan Moussy mulai berpikir mandiri dengan mendirikan beberapa perusahaan sejenis. Mereka mulai melebarkan sayap bisnis pelayanan kebersihan yang tidak hanya membersihkan kaca gedung saja, namun juga membersihkan gedung perkantoran, stasiun kereta api, sampai dengan gedung kementerian Frankfurt.historie02

Pada 1934, profesi klining servis diakui oleh pemerintah Jerman sebagai salah satu profesi profesional dan menjadi merek dagang negara.

Dari sekitar 34.000 perusahaan klining servis yang berdiri, beberapa di antaranya bahkan sudah ada yang lebih dari 100 tahun berdedikasi dalam dunia jasa kebersihan.

Untuk secara sah diakui menjadi seorang kliner, para calon pekerja di Jerman harus mengikuti pendidikan yang setara dengan strata D3, setelah itu, mereka diuji oleh para master klining servis yang berpengalaman. Bagi siapa pun yang ingin mendirikan perusahaan klining servis harus terlebih dulu bekerja sebagai seorang kliner dengan masa kerja minimal tiga tahun sebagai persyaratan mutlak mendapatkan izin usaha pendirian. Belum cukup dengan itu, orang itu juga harus pernah bekerja sebagai kliner minimal selama enam tahun dan kemudian wajib mengikuti ujian lagi untuk mendapatkan gelar master klining servis.

Berikut adalah kronologis perkembangan bisnis industri klining servis di Eropa dan Amerika yang diambil dari berbagai sumber:

historie02-155x300

1878

Prancis Marius Moussy mendirikan “Prancis Cleaning Institute” yang berbasis di Berlin,Jerman. Memfokuskan pelayanan pada pembersihan kaca gedung. Pada tahun berikutnya, para mantan karyawan Moussy yang sudah mandiri mendirikanbeberapa perusahaan baru, salah satunya adalah Cleaning Advance Institute yang memulai pelayanan kebersihan dalam cakupan yang lebih luas lagi. Tidak hanya pembersihan kaca gedung, namun juga konstruksi bangunan, perkantoran, stasiun kereta api, sampai dengan gedung-gedung pemerintahan.

1886

Samuel C. Johnson memulai usaha pemeliharaan lantai di Racine, Wisconsin USAsc johnson

1888

Pembersihan luar gedung (Building Exteriors) pertama kali dilakukan di Frankfurt oleh seorang kepala mekanik kendaraan.

Bahan kimia wax floor, yaitu pelapisan lantai berbahan lilin, diproduksi pertama kali oleh SC Johnson.

1901

Asosisasi perusahaan klining servis Jerman berdiri pada bulan April dengan Ernst Kelterborn Gottingen yang bertindak sebagai inisiator.

Majalah klining servis pertama diterbitkan dengan nama International Journal of Cleaning Institute & Business Network.

Asosiasi perusahaan klining servis Jerman mulai mendirikan beberapa cabang di setiap kabupaten, sampai dengan pembinaan kelompok-kelompok kecil di daerah untuk mengembangkan perusahaan sejenis dan memelopori pembentukan serikat pekerja klining servis di Jerman.

Para pengusaha klining servis di Jerman mendesak pemerintah untuk membuat surat pengakuan yang menyejajarkan profesi klining servis sebagai bagian dari profesi profesional yang diakui oleh pemerintah.

1914 – 1918

Hampir semua pekerja pria klining servis direkrut menjadi tentara atau pekerja di pabrik persenjataan, dan posisi mereka digantikan oleh kaum wanita sebagai manajer pertanian dan pekerja pembersih kaca selama perang. Dalam hal ini, asosiasi laluberfungsi sebagai lembaga pendidikan singkat dan penyedia fasilitas kerja.

1920

Asosiasi perusahaan klining servis Jerman Selatan didirikan. Begitu juga di Jerman Barat Daya, yang didirikan di Hannover, memusatkan pelayanan pada pembersihan kaca gedung.

Perusahaan klining servis mengalami perkembangan yang pesat pada tahun 1926-1927, menyusul dengan terbentuknya beberapa serikat pekerja klining servis

1928

Buku tata cara pembersihan gedung pertama kali diterbitkan oleh Düsseldorf Clemens.

1929

Federasi Nasional Pembersihan Kaca dan Gedung didirikan. Asosiasi ini merupakan gabungan dari enam asosiasi regional, yaitu asosiasi perusahaan klining servis Jerman Barat, Jerman Selatan, Jerman Utara, Jerman Timur, Sachsen, dan Jerman Tengah. Düsseldorf Clemens terpilih menjadi ketua pertamanya.

Pada 30 Januari 1933, Nazi mengambil kekuasaan dan memberlakukan “serikat wajib” dan semua profesi diwajibkan untuk bergabung dalam serikat tersebut.

Pada 30 Juni 1934, pemerintah Nazi mengeluarkan surat keputusan bahwa semua profesi harus berada di bawah naungan Partai Buruh Nasional Sosialis Jerman. Partai memiliki hak penuh untuk mengatur kebijakan berjalannya usaha. Asosiasi nasional pembersihan kaca dan gedung dibubarkan.

1939 – 1945

Perang membawa kemunduran yang amat besar bagi dunia industri jasa pembersihan. Untuk yang kesekian kalinya, para pria diwajibkan untuk bergabung dalam kemiliteran atau bekerja di pabrik senjata, dan para wanita dilarang untuk bekerja. Banyak gedung hancur karena serangan udara, dan banyak perusahaan yang tidak beroperasi selama perang berlangsung.

1945

Setelah perang berakhir, kondisi perekonomian sudah mulai pulih dan bisnis jasa pembersihan kaca dan gedung berkembang semakin pesat sampai sekarang.

(Sejarah perkembangan bisnis klining servis di dunia berkembang beriringan dari abad ke-19. Tidak hanya di Jerman namun juga di Amerika dan belahan Eropa lainnya. Bahkan, revolusi industri klining servis juga terjadi di negara-negara lain, yang mungkin belum tercatat.)

Sumber: http://apklindo.org/sejarah-klining-servis-di-dunia/

Print Friendly, PDF & Email

No Comments Yet.

Leave a comment